Ekonom Senior, Chatib Basri Prediksi Ekonomi Indonesia Pulih Pada Tahun 2022 Jika Pandemi Teratasi

- 9 November 2020, 12:48 WIB
Ekonom Senior Chatib Basri.
Ekonom Senior Chatib Basri. /Dewa Wiguna/

PR BEKASI - Indonesia dikabarkan telah resmi mengalami resesi, meski jika merujuk pada beberapa kuartal sebelum-sebelumnya pertumbuhan telah terlihat sedikit demi sedikit.

Banyak menjadi pertanyaan kapan dan dalam kondisi apa Indonesia akan segera pulih dalam hal ekonomi dan mulai lagi berjalan secara normal.

Seorang ekonom senior, Chatib Basri memprediksi bahwa ekonomi Indonesia akan pulih tahun 2022 jika masalah pandemi COVID-19 telah teratasi.

Baca Juga: KPU Diminta Belajar Perhitungan Suara dari Pilpres AS, Fadli Zon: Tidak Ada yang Bisa Disulap

Hadir dalam diskusi secara daring mendorong investasi saat pandemi, Chatib menyebut saat ini merupakan masa bertahan atau survival.

"Setelah pandemi bisa diatasi, aktivitas mulai mengarah kepada normal, baru kita bicara tahap pemulihan, sekarang itu survival," kata Chatib seperti dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari Antara, Senin, 9 November 2020.

Merujuk pada data, pertumbuhan ekonomi sudah mulai terdapat perbaikan dari kuarta II yang terkontraksi 5.32 persen menjadi kontraksi 3.49 persen pada kuartal III-2020. Meski begitu selama pandemi ini, semua berada dalam kondisi bertahan.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Minta Semua Pihak Sadarkan Siapapun yang Inginkan Khilafah di Indonesia

Dalam masa ini menurutnya banyak kalangan pengusaha sedang fokus untuk mempertahankan bisnisnya, mereka belum sempat untuk melakukan ekspansi bisnis, karena ada pembatasan ekonomi yang dirasakan.

Halaman:

Editor: Puji Fauziah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x