Kecewa PSI Musuhi Anies Baswedan, Refly Harun: Partai Politik Kok Jadi Sarana Membenamkan Demokrasi

27 Desember 2020, 14:25 WIB
Refly Harun mengungkapkan kekecewaannya terhadap sikap PSI yang sekaan memusuhi pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. /YouTube Refly Harun

PR BEKASI - Ahli hukum tata negara Refly Harun mengaku kecewa dengan sikap PSI yang selalu memusuhi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Saya menyesalkan sikap PSI yang justru beroposisinya hanya kepada Anies Baswedan saja, tidak pada pemerintah pusat," ucapnya.

Seharusnya, menurut Refly, PSI tidak hanya kritis terhadap Anies namun terhadap pemerintah pusat juga.

Baca Juga: PBNU Catat 234 Kiai dan Tokoh NU Meninggal Dunia Selama Pandemi Covid-19 Mewabah di Tanah Air

"Harusnya PSI juga kritis terhadap pemerintah pusat, PSI tidak pernah ingin mengkritik pemerintahan nasional, yang dikritik cuman pemerintah lokal saja (Gubernur DKI)," katanya.

Walaupun menurutnya PSI telah menganggap partai mereka adalah bagian dari pemerintahan, tapi Refly menegaskan, sebagai sebuah partai seharusnya PSI bisa bersikap objektif, tidak melulu memusuhi Anies.

"Ya mungkin karena mereka menganggap bahwa mereka bagian dari pemerintahan, tapi kan tidak juga harus begitu, kalau ada kebijakan-kebijakan yang misalnya, tidak pro terhadap pemberantasan korupsi ya mereka harus kritik juga, jangan diam saja," ucapnya.

Baca Juga: Sempat Viral di Medsos, Dua Pelaku Tindak Asusila di RSD Wisma Atlet Berhasil Diamankan

Dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari kanal YouTube Refly Harun, Minggu, 27 Desember 2020, ia pun mengambil contoh soal revisi UU KPK yang tidak digubris sama sekali oleh PSI.

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: YouTube Refly Harun

Tags

Terkini

Terpopuler