Kecewa BLT Subsidi Upah Tahun Ini Dihentikan, Arief Munandar Yakin Kas Negara Semakin Tipis Bahkan Kosong

- 3 Februari 2021, 21:48 WIB
Doktor sosiolog politik jebolan Universitas Indonesia, Arief Munandar.
Doktor sosiolog politik jebolan Universitas Indonesia, Arief Munandar. /YouTube Bang Arief

PR BEKASI - Doktor sosiolog politik, Arief Munandar mengaku kecewa dengan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah yang tak akan melanjutkan program bantuan subsidi upah atau gaji (BSU) atau BLT BPJS Ketenagakerjaan tahun ini.

Ida Fauziyah menyampaikan, program BSU memang tidak dimasukkan lagi ke dalam anggaran APBN 2021 sehingga kelanjutan program ini tidak terlihat untuk tahun ini.

"Jika kita lihat pada anggaran PEN 2021, memang tidak nampak kelanjutan dari BSU di tahun ini. Kemnaker sendiri hingga saat ini belum mendapat penugasan untuk kembali menyalurkan BSU, kami ikut keputusan dari Komite PEN saja," ungkapnya

Baca Juga: Ajak Siswa Hormati Perbedaan, Gus Yaqut: Agar Tidak Berlaku Semena-mena Atas Nama Kebebasan Agama 

Pernyataan tersebut membuat Arief Munandar tambah yakin bahwa kas negara saat ini berangsur tipis bahkan sudah tidak ada lagi.

"Yang gua khawatirkan, pencabutan BSU ini semakin mengkonfirmasi bahwa kas pemerintah atau kas negara semakin tipis, bahkan mungkin udah kosong," ucapnya seperti dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com, Rabu, 3 Februari 2021.

Apalagi sebelumnya, kata Arief Munandar, kita telah mendengar kabar bahwa pembayaran gaji para ASN di berbagai daerah juga mengalami kemacetan, yang seharusnya di awal bulan tanggal 1 bisa terlambat ke tanggal 28.

Walaupun banyak penjelasan yang mengatakan, ini karena perubahan sistem, masalah administrasi, dan seterusnya, dirinya mengaku bingung karena kalau itu perubahan sistem mengapa terjadi di beberapa daerah sekaligus.

Baca Juga: Nenek Tua Penjual Bensin Buat Budiman Sudjatmiko Menangis: Aku Ingin Nangis, Cukup, Mbah 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x