Digerogoti Krisis Nasional, Rusia, Tiongkok, Iran dan Turki Nantikan Kemunduran Kekuasaan AS

- 3 Juni 2020, 21:50 WIB
PARA demonstran melakukan aksi protes atas kematian pria berkulit hitam George Floyd di Trafalgar Square, London, Inggris pada Minggu, 31 Mei 2020.*

PR BEKASI – Sementara Pemerintah Amerika Serikat tengah dihadapkan dengan aksi demonstrasi yang masih terus berlangsung di beberapa kota, sejumlah negara dikabarkan menikmati momen tersebut.

Dikutip Pikiranrakyat-bekasi.com dari Jerusalem Post, Rusia, Tiongkok, Iran dan Turki nampaknya sedang menunggu-nunggu Amerika Serikat benar-benar terpuruk dan memicu kekacauan tatanan multipolar.

Dalam beberapa waktu terakhir, keempat negara dikabarkan terus menjalin kerja sama yang kian menguat setiap harinya. Rusia, Tiongkok, Iran dan Turki gencar menghadiri forum pertemuan dunia yang tidak dihadiri oleh Amerika Serikat.

Baca Juga: Aksi Protes Memanas di AS, KBRI Washington D.C Pastikan Beri Keamanan dan Keselamatan WNI 

Untuk berupaya keempat negara saling berkoordinasi melawan Amerika Serikat melalui media pemerintahan yang didanai dan diberi hak yang sangat istimewa seperti RT, TRT, Iran’s Tasnim, Fars News dan berbagai outlet media Tiongkok.

Mereka tengah menunggu saat-saat kondisi Amerika Serikat mulai melemah untuk kemudian melancarkan agenda yang menjadi tujuan mereka sejak lama.

Bagi Turki dan Iran, tujuan mereka menanti titik terlemah Amerika Serikat muncul yakni untuk memuluskan rencana internal yang berkaitan dengan sisi keagamaan.

Turki dan Iran memiliki rencana-rencana utama terkait Islamic Revolutionary Guard Corps dan Muslim Brotherhood yang sangat memengaruhi eksistensi Tehran dan Ankara.

Baca Juga: Kemenperin Pastikan Industri Makanan dan Minuman Siap Jalani Tatanan New Normal 

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: jerusalem post


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X