Ratusan Pendekar Datangi Kantor PMI Jakarta Barat, Ada Apa?

- 20 September 2020, 08:49 WIB
Para Pesilat saat melakukan kegiatan donor darah di Jakarta Barat. /Dok. Diskominfo Jakarta Barat

PR BEKASI - Para pesilat biasanya identik dengan yang namanya jurus-jurus beladiri untuk mempertahankan dan menyelamatkan diri dari musuh. Kekuatan, kedisiplinan hingga mental menjadi hal wajib dalam kurikulum setiap pendekar.

Kali ini, para pesilat yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jakarta Barat tidak sedang melakukan aktivitas terkait bela diri, melainkan sedang melakukan kegiatan sosial guna menyelamatkan banyak orang dengan cara mendonorkan darah mereka.

Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) acara itu dilakukan pada Sabtu, 19 September 2020, dalam rangka memperingati HUT ke-75 PMI yang jatuh pada 17 September 2020. Dalam acara tersebut,  dilakukan oleh sekira 150 orang pesilat.

Baca Juga: Cek Fakta: Beredar Kabar Jokowi Jadi Timses Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020

Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi menjelaskan bahwa kegiatan itu merupakan bentuk upaya PMI dalam mencari pendonor dari luar untuk dapat menyediakan stok darah yang dibutuhkan.

Rustam Effendi menjelaskan bahwa saat ini sekira 190 rumah sakit di Jakarta sedang membutuhkan 1000 kantong darah per hari.

Sebab itu, PMI berupaya melakukan kerja sama dengan banyak pihak seperti pemerintah maupun organisasi masyarakat untuk memenuhi ketersediaan.

Sementara itu, Ketua IPSI DKI Jakarta, Fadjar Panjaitan menyatakan kegiatan donor ini telah menjadi kesepakatan bersama PMI untuk digelar di lima wilayah DKI Jakarta lainnya.

Baca Juga: Prediksi dan Link Live Streaming Mola TV Timnas U-19 Indonesia vs Qatar: Kami Ingin Menang Lagi

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: RRI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X