Dorong Pemulihan Ekonomi Indonesia, Kemenperin Realokasi Anggaran Rp84,4 Miliar

- 28 Agustus 2020, 07:30 WIB
Agus Gumiwang dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI.
Agus Gumiwang dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI. /Kemenperin/

PR BEKASI - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengusulkan realokasi anggaran sebesar Rp84,4 miliar untuk kegiatan yang mendukung penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), pada Kamis, 27 Agustus 2020.

Upaya itu juga sekaligus dalam rangka percepatan penyerapan anggaran Kemenperin tahun 2020 yang telah dibahas dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RKTM) Bidang Perekonomian.

"Dari prognosa, terdapat sekitar Rp84,4 miliar yang bersumber dari anggaran belanja pegawai yang tidak terserap. Angka tersebut bisa direalokasikan untuk program lain selama mendapat izin dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)," kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang, usai rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, seperti dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari laman resmi Kemenperin.

Baca Juga: New York Fashion Week Tetap Digelar Meski di Tengah Pandemi COVID-19

Anggaran belanja pegawai yang tidak terserap antara lain dari pos tunjangan kinerja, tunjangan hari raya (THR) yang tidak dibayarkan kepada Pejabat Eselon I dan Eselon II, tunjangan kinerja gaji ke-13.

Selain itu, anggaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2020 yang semula diusulkan 2.000 orang oleh Kemenperin namun hanya disetujui sebanyak 400 orang oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan RB) 400 orang.

"Jumlah tersebut merupakan sisa anggaran dari yang telah kami alokasikan," ujar Menperin.

Baca Juga: New York Fashion Week Tetap Digelar Meski di Tengah Pandemi COVID-19

Agus mengungkapkan, Kemenperin mendapat masukan dari Komisi VI DPR RI agar realokasi anggaran dari belanja pegawai tersebut difokuskan untuk penguatan Industri Kecil dan Menengah (IKM) terutama yang terdampak COVID-19.

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x