Masih sebagai Konsumen, Ma’ruf Amin Harapkan Indonesia Jadi Pemain Global Industri Halal

- 23 Oktober 2020, 15:52 WIB
Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin.
Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin. /ANTARA/

PR BEKASI – Produk halal semakin hari semakin mengalami perkembangan bukan hanya di tingkat nasional, melainkan tingkat global.

Data pada 2017 menunjukkan bahwa produk pasar halal dunia mencapai 2.1 triliun US Dolar dan akan terus berkembang menjadi 3 triliun US Dolar pada 2023.

Hal ini menunjukkan potensi yang besar dalam pasar halal dunia. Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin pun mengharapkan Indonesia bisa lebih berperan dalam industri halal global.

Baca Juga: Ingin Percepat Membuktikan Ketidakbenaran Dakwaan JPU, Nurhadi Tidak Ajukan Eksepsi Versi Pengacara

"Kita harus memanfaatkan potensi pasar halal dunia ini dengan meningkatkan ekspor kita yang saat ini baru berkisar 3.8 persen dari total pasar halal dunia," ucap Ma’ruf Amin, dikutip Pikiranrakyat-Bekasi.com dari situs resmi MUI pada Jumat, 23 Okotber 2020.

Ia pun mengharapkan Indonesia tidak hanya menjadi konsumen, tapi mampu menjadi pemain sekaligus tuan rumah dalam persaingan industri halal global.

"Kita juga ingin menjadikan industri halal Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri serta sekaligus menjadi pemain global," ucapnya.

Baca Juga: Bentuk Komite Pemulihan Ekonomi Daerah, Jabar Dapat Apresiasi dari KPEN

Hal ini perlu dilakukan untuk mendobrak peningkatan ekonomi nasional dengan meningkatkan kapasitas dan produktivitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Halaman:

Editor: Ikbal Tawakal

Sumber: MUI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x